• SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
  • Sekolah Berbasis Seni Kreatif dan Teknologi

KEGIATAN PSAJ ( PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG) TAHUN 2023/2024

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Penilaian sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), Teknis pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada Satuan Pendidikan  sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.


SMK Kriya Sahid Sukoharjo melaksanakan kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) dimulai dari tanggal 18 Maret sampai tanggal 27 Maret 2024., dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII  yang berjumlah 50 siswa. dari 4 Kompetensi Keahlian ( Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Multimedia, Tehnik Komputer dan Jaringan).

Dalam kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) ini, SMK Kriya Sahid Sukoharjo, Untuk penilaian dilaksanakan berbasis Projek dimana setiap siswa akan mempresentasikan produknya  dan hasil proyek terbaiknya selama pembelajaran, dan setelah pemaparan dilanjutkan pertanyaan sesuai dengan pemetaan pertanyaan oleh guru penguji yang dikerjakan secara lisan dan tertulis.

Ibu. Yuni Prihatin, S.Kom selaku Wakasek Bidang Kurikulum menyampaikan bahwa kelulusan peserta didik di SMK Kriya Sahid Sukoharjo memperhatikan beberapa faktor berikut: (1) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran; (2) Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik sesuai dengan profil pelajar pancasila; dan (3) Mengikuti kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tulis maupun praktik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, serta mampu mengeksplorasi potensi yang sepenuhnya dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain itu diharapkan semua peserta didik melaksanakan ujian dengan serius dan disertai penuh rasa tanggung jawab. Karena hasil PSAJ ini akan dijadikan sebagai salah satu indikator dalam penentuan kelulusan siswa kelas XII.

SMK Bisa! SMK Hebat!

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN DI SMK RIYA SAHID SUKOHARJO

  Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang  kreatif dan menyenangkan, baik Mata Pelajaran Muatan Umum, Muatan Lokal maupun Kejuruan, sesuai  agenda bidang kurikul

31/10/2023 11:51 WIB - Administrator
ASESMEN NASIONAL (AN) SMK KRIYA SUKOHARJO

  Apa Itu Asesmen Nasional ? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan ou

30/08/2022 09:13 WIB - Administrator
PELUNCURAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO

Selamat Mengikuti PAS Gasal 2021-2022 Berbasis CBT Kecanggihan teknologi di semua bidang tidak bisa dihindari termasuk dalam hal tes penilaian peserta didik. Menanggapi serta mengikuti

29/11/2021 10:42 WIB - Administrator
SIMULASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO

Alhamdulillah, setelah pada hari Kamis, 30 September 2021, dilakukan Verifikasi Kesiapan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka oleh tim verifikator, yang terdiri dari Pengawas Sekolah Pembin

19/10/2021 10:48 WIB - Administrator