• SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
  • Sekolah Berbasis Seni Kreatif dan Teknologi

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN DI SMK RIYA SAHID SUKOHARJO

 

Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang  kreatif dan menyenangkan, baik Mata Pelajaran Muatan Umum, Muatan Lokal maupun Kejuruan, sesuai  agenda bidang kurikulum adalah implementasi  pembelajaran berdiferensiasi, mulai hari Senin 16 – 27 Oktober 2023.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan siswa dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat mencakup tiga jenis, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan kontens materi yang diajarkan kepada siswa sebagai tanggapan dari kesiapan belajar siswa, minat, atau profil belajarnya (visual, auditori, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan menyediakan kegiatan berjenjang, adanya pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual siswa, memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel.

Diferensiasi produk berkaitan dengan perbedaan produk kepada siswa dengan memberikan tantangan atau keragaman variasi dan memilih produk apa yang diminatinya.

Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Tehnik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Untuk mendukung keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan suasana lingkungan belajar yang kondusif. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif antara lain dengan mengembangkan komunitas belajar, membangun sikap menghargai, menciptakan rasa aman secara fisik dan psikis, membangun harapan bagi pertumbuhan, membangun mencapai kesuksesan, dan adanya keadilan dalam bentuk karya nyata.

Pembelajaran Diferensiasi Mata Pelajaran Agama Islam tentang Kewirausahaan

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memerlukan persiapan-persiapan yang baik. Langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektif antara lain: (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) memetakan kebutuhan belajar siswa (kesiapan belajar, minat, profil belajar; (3) menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan; dan (4) menentukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dijalankan (konten, proses, produk).

Pembelajaran diferensiasi Mata Pelajaran Desain Produk Kriya Kayu

Seyogyanya guru harus memahami bahwa setiap siswa memiliki kodrat keadaan yang berbeda-beda. Tugas guru adalah menuntun mereka agar mendapatkan kesuksesan hidup sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan prestasi yang dimilikinya. Dalam hal ini, mengimplementasi pembelajaran berdiferensiasi berarti telah menuntun siswa mengembangkan kemandirian siswa dalam mengembangkan dirinya. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, siswa akan mampu bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh, serta memiliki regulasi diri yang baik, sehingga akan diperoleh prestasi belajar yang optimal.

Pembelajaran Mata Pelajaran Fotografi

Hasil Pembelajaran diferensiasi Mata Pelajaran Desain Produksi Kriya Tekstil

Sukses Pembelajaran Berdiferensiasi yang kreatif, Inovatif dan Menyenangkan, Sukses SMK Kriya Sahid Sukoharjo, Semakin Jaya.....

 

Bid. Kurikulum

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR SEKOLAH ( OUTING CLASS) PROGRAM KREATIF BATIK DAN TEKSTIL

  Salah satu Program Bidang Kurikulum SMK Kriya Sahid  Sukoharjo pada bulan Agustus 2025 ini adalah mengadakan kegiatan pembelajaran di luar sekolah ( Outing Class). Kegiatan

28/08/2025 11:09 WIB - Administrator
PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2025 SMK KRIYA SUKOHARJO

  Pada tanggal 4 dan 5 Agustus 2025, SMK Kriya Sahid Sukoharjo melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai bagian dari evaluasi sistem pendidikan

06/08/2025 09:01 WIB - Administrator
Implementasi Projek P5 Tema Kebekerjaan dalam Workshop” Meraih Sukses bersama menuju Dunia Kerja”

  SMK Kriya Sahid Sukoharjo mengadakan  kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebekerjaan pada hari Selasa, 29 April 2025. Kegiatan ini bertujua

07/05/2025 09:30 WIB - Administrator
PELAKSANAAN PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG ( PSAJ) TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SMK Kriya Sahid Sukoharjo menyelenggarakan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) bagi siswa kelas XII  Tahun Pelajaran 2024/2025.Pelaksanaan Penilaian dimulai hari Senin, 14 Mei

21/04/2025 08:01 WIB - Administrator
KEGIATAN PSAJ ( PENILAIAN SUMATIF AKHIR JENJANG) TAHUN 2023/2024

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi kelulusan untuk semua mata pel

04/04/2024 10:29 WIB - Administrator
ASESMEN NASIONAL (AN) SMK KRIYA SUKOHARJO

  Apa Itu Asesmen Nasional ? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan ou

30/08/2022 09:13 WIB - Administrator
PELUNCURAN APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO

Selamat Mengikuti PAS Gasal 2021-2022 Berbasis CBT Kecanggihan teknologi di semua bidang tidak bisa dihindari termasuk dalam hal tes penilaian peserta didik. Menanggapi serta mengikuti

29/11/2021 10:42 WIB - Administrator
SIMULASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO

Alhamdulillah, setelah pada hari Kamis, 30 September 2021, dilakukan Verifikasi Kesiapan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka oleh tim verifikator, yang terdiri dari Pengawas Sekolah Pembin

19/10/2021 10:48 WIB - Administrator