• SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
  • Sekolah Berbasis Seni Kreatif dan Teknologi

Kepala SMK Kriya Sahid Sukoharjo Hadir Bersama 40 (Empat Puluh) Kepala SMK Bidang Seni dan Budaya dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kepala Sekolah Bidang Seni dan Budaya di BBPPV Seni dan Budaya Yogyakarta pada 8-12 Agustus 2022

www.smkkriyasahid-sch.skh.id, Wawan Darmawan, S.Pd., Kepala SMK Kriya Sukoharjo hadir bersama 40 (empat Puluh) orang Kepala SMK bidang seni dan budaya se-Indonesia untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah bidang seni dan budaya yang diselenggarakan BBPPMPV Yogjakarta.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Pada Saat Acara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Bidang Seni dan Budaya

Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah bidang seni dan budaya yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya Yogyakarta, dilaksanakan selama 5 hari yakni dari tanggal 8 sampai dengan 12 Agustus 2022, di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPPV) Seni Dan Budaya Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kaliurang Km 1,5 Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Dr. Dra Sarjilah, MPd, selaku Kepala BBPPMPV Yogyakarta. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan,

Dengan diselenggarakannya pendidikan dan pelatihan bagi para kepala sekolah pada SMK non Pusat Keunggulan ini, diharapkan kebijakan program-program terkini dari pemerintah dan implementasinya pada sekolah menengah kejuruan dapat lebih tersosialisasikan. Di samping itu, diharapkan pula jumlah SMK dalam bidang seni budaya yang berkembang menuju sekolah pelaksana program SMK Pusat Keunggulan semakin bertambah”

Selain itu, selama kegiatan pelatihan para peserta diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peran aktif, sehingga hasil/output dari kegiatan ini dapat tercapai secara maksimal, begitu kata Dr. Dra Sarjilah, M.Pd.

 

Dr. Dra Sarjilah, MPd, Kepala BBPPMPV Yogyakarta Membuka Acara Dan Menyampaikan Sambutan Dalam Acara Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Bidang Seni Dan Budaya

Adapun tujuan dari kegiatan ini seperti disampaikan oleh Drs. Rahayu Windarto, M.M, selaku penanggungjawab kegiatan dalam pembukaan acara, yaitu:

“Ada 2 (dua) tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu: 1) Memberikan penguatan terhadap kompetensi yang telah diperoleh oleh kepala sekolah pada pelatihan manajerial kepala sekolah yang pernah diikuti sebelumnya. 2) Memberikan wawasan dan pengetahuan praktis mengenai kebijakan program-program terkini dari Kemendikbudristek dan implementasinya pada sekolah menengah kejuruan” 

Dalam pelatihan ini, para peserta termasuk Kepala SMK Kriya Sahid Sukoharjo mendapatkan materi dari para fasilitator yang tergabung dalam Widyaiswara BBPPMPV Yogyakarta, yang meliputi: kebijakan umum BBMPV Seni Budaya, pengembangan kewirausahaan sekolah (BLUD dan Kewirausahaan), perspektif seni dalam pendidikan, rapor pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data (PBD), pengelolaan standar proses pada kurikulum merdeka (PJBL), coaching, pengembangan literasi digital, pengembangan literasi membaca, dan pengembangan kapabilitas manajerial Kepala Sekolah melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).


Suasana Para Peserta Pelatihan Saat Mengikuti Penyampaian Materi Dari Fasilitator Dari Widyaiswara BBPPMPV, Jogjakarta

Salah satu materi yang sangat menarik perhatian yang dipaparkan yakni materi GSM (Gerakan Sekolah Menyenagkan) yang disampaiakan oleh M. Nur Rizal, Ph.D., yang mana beliau adalah penggagas Gerakan Sekolah Menyenangkan. Point atau inti dari Gerakan Sekolah Menyenangkan adalah kepala sekolah harus memiliki karakter sebagai Chief Executive Officer (CEO), antara lain bagaimana membangun misi dan tujuan, memberikan arahan dan tindakan, memimpin terjadinya perubahan, mengambil keputusan strategis, membangun kerjasama atau hubungan, berinovasi, mengelola kepribadian, berorientasi belajar, melakukan coaching dan mentoring, serta berdaya juang.


 Nur Rizal, Ph.D. Saat Menyampaikan Materi Tentang Gerakan Sekolah Menyenangkan Dan Memberikan Motivasi Dan Semangat Juang Untuk Perubahan SMK Kepada Para Peserta Pelatihan

Materi-materi yang diberikan sangat berguna sekali khususnya bagaimana strategi dalam membentuk gerakan sekolah menyenangkan untuk perubahan SMK yang lebih baik dalam persaingan global.

Setelah kegiatan selesai, selanjutnya diadakan upacara penutupan yang laksanakan pada tanggal 12 Agustus 2022. Acara ditutup oleh Dr. Dra Sarjilah, MPd, selaku Kepala BBPPMPV Yogyakarta. Dalam sambutannya, beliau menegaskan tentang apa yang harus dilakukan kepala sekolah setelah mengikuti kegiatan pelatihan kepala ini, pesan beliau dalam sambutannya,

“Dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BBPPMPV diharapkan nantinya bapak ibu kepala sekolah dapat meimlementasikan disekolah-masing-masing sehingga mutu sekolah dapat meningkat.”  

 

 Upacara penutupan pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah

Sebagai rencana tindak lanjut dari pelatihan ini, Wawan Darmawan, S.Pd selaku kepala SMK Kriya Sahid Sukoharjo akan mengimplementasikan tentang apa yang telah didapat dari pelatihan ini, khususnya dengan menerapkan program yaitu membangun Wawasan dan aksi tentang pengembangan SMK dengan pendekatan “Gerakan Sekolah Menyenangkan”. Dengan gerakan tersebut nantinya SMK Kriya Sahid Sukoharjo akan semakin meningkatkan mutu kualitas sekolah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta didik.

 

SMK Kriya Sahid Sukoharjo “Sangsaya ngrembaka, miguna mring bangsa”

SMK Kriya Sahid Sukoharjo .... SEMAKIN JAYA...!

Komentar

Semoga SMK Kriya Sahid Sukoharjo semakin maju dan berkembang.

Semakin jaya SMK Kriya Sahid Sukoharjo

Semakin Jaya SMK Kriya Sahid

Semoga SMK Kriya Sahid Sukoharjo Semakin sukses dan Jaya. Aamiin

Semoga hasil diklat bermanfaat dan segera direalisasikan diskolah...

Sekolah menyenangkan..... ya di SMK Kriya Sahid Sukoharjo,

Semakin sukses SMK Kriya Sahid Skh

Berjuang bekerja keras untuk SMK Kriya Sahid yang semakin jaya...

Komentari Tulisan Ini