• SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO
  • Sekolah Berbasis Seni Kreatif dan Teknologi

PAMERAN KARYA SISWA DAN ALUMNI KRIYA KREATIF KAYU DAN ROTAN SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO

DALAM PAMERAN SENI RUPA JAWA TENGAH

Sebuah bukti sebagai sekolah dengan identitas seni kreatif dan teknologi, karya siswa dan alumni kriya kreatif kayu dan rotan, SMK Kriya Sahid Sukoharjo dipercaya dan mendapat apresiasi oleh TBJT Surakarta, terpilih menjadi satu-satunya peserta pameran seni rupa tradisi mewakili SMK Se-Jawa Tengah dalam pameran seni rupa Jawa Tengah.

Sebuah apresiasi yang luar biasa dari Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta diberikan kepada SMK Kriya Sahid Sukoharjo, khususnya jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan, ditunjuk  menjadi peserta Pameran Seni Rupa Jawa Tengah dalam tajuk Pameran Seni Rupa Tradisi yang diselenggarakan di Galeri Seni Rupa, Taman Budaya Jawa Tengah pada  tanggal 14 - 18 September 2020. Karya kriya kayu dari siswa dan alumni Kriya kreatif kayu dan Rotan SMK Kriya Sahid Sukoharjo dipamerkan dalam pameran tersebut bersama dengan karya lain dari  50 lebih kelompok seniman tradisi dan perajin kriya se-Jawa Tengah.

Selain karya Kriya Kayu, karya-karya lain yang dipamerkan meliputi: kriya logam, kriya kulit, keris, topeng, batik, lurik, wayang kulit purwo, wayang kertas, wayang beber, gamelan pamor, kerajinan kuningan dan tembaga, perlengkapan pakaian adat jawa, kerajinan payung, iket, kerajinan gerabah teknik putaran miring, kerajinan warongko, kerajinan tanduk, kerajinan rotan dan art furniture.

 

Sampul Katalog Karya Pameran Seni Rupa Jawa Tengah

 

Pembukaan pameran dilaksanakan di Galeri Seni Rupa TBJT Surakarta pada tanggal 14 September 2020, pukul 19.00 WIB, dibuka oleh Bapak Sumina, S.IP, M.H selaku Kepala TBJT Surakarta.

Pemotongan pita oleh Bapak Sumina, S.IP, MH di depan pintu galeri seni rupa

Sebagai tanda dibukanya pameran pembukaan pameran

 

Selesai membuka pameran beliau berkunjung ke stand-stand pameran, termasuk ke stand pameran kriya kayu. Disela-sela kunjungannya beliau menyampaikan kepada kami bahwa, yang menarik dari pameran ini adalah adanya peserta dari praktisi pendidikan yang ikut dalam pameran ini, yaitu SMK Kriya Sahid Sukoharjo. Beliau menuturkan bahwa:

“SMK Kriya Sahid Sukoharjo dipilih mewakili SMK Seni se-Jawa Tengah untuk menjadi Salah satu peserta dalam pameran ini, karena SMK Kriya Sahid Sukoharjo merupakan salah satu SMK dengan basis Seni Kriya dari SMK jurusan seni kriya yang ada di Jawa Tengah dan karya-karyanya yang artistik dan bernillai tradisi namun tetap mengikuti perkembangan jaman sangat menarik. Dengan apresiasi dari TBJT terhadap SMK Kriya Sahid, diharapkan ke depannya para siswa dan alumni akan lebih kreatif lagi berkarya seni kriya dalam partisipasinya nguri-uri kabudayan Jawi yang adiluhung ini.”

Beberapa karya-karya siswa dan alumni yang menarik adalah penyekat ruang dari limbah kayu. Ada beberapa pengunjung pameran yang tertarik dan berminat ingin membeli karya ini, karena karya ini dibuat dengan memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan baku. Dari berbagai jenis kayu yang berbeda warna dan tekstur natural terlihat secara visual karya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pameran.

Penyekat ruang limbah kayu

Karya: Akbar Nandhito, Hernawan, Dona

 

Selain itu Karya Kriya Kayu yang dipamerkan di Galeri Seni Rupa meliputi:

  1. Meja Kursi Teras karya Suyadi dan Yusep Pramono (alumni)

    Meja kursi teras inlay ukir

    Karya: Suyadi, Yusep Pramono (alumni)

  2. Meja kursi tamu dari limbah kayu. Dengan memanfaatkan potongan ranting kayu jati yang tidak terpakai

    Pengunjung pameran menanyakan kepada guru kriya kayu tentang proses pembuatan meja limbah ranting kayu

  3. Mirror klasik bernuansa Jawa

    Mirror klasik Jawa Ukir

  4. Penyekat Ruang motif ornamen bahasa jawa dan wayang

Bapak Guru SMK Kriya foto bersama  di depan rono jawa

saat mengunjungi pameran

Pameran ditutup pada hari Jumat, 18 September 2020 pukul 19.30 WIB, besamaan dengan penutupan Pagelaran Seni Tradisi di Pendopo Ageng Taman Budaya Jawa Tengah oleh Kepala TBJT Surakarta, Bapak Sumina, S.IP, MH.

 

TETAP BERKARYA DAN BERKREATIFITAS TANPA BATAS DAN RASA WAS-WAS.

 

SMK Bisa ....!

SMK Hebat ....!

SMK Kriya Sahid Jaya ... Jaya ... Jaya ...!

Penulis,

WaKa Humas SMK Kriya Sahid Sukoharjo

Wawan Darmawan, S.Pd

 

 

 

Komentar

Semoga SMK KRIYA SAHID semakin jaya

Doa terbaik untuk Smk Kriya Sahid tercinta

Dengan adanya pameran ini diharapkan dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi siswa dan alumni SMK Kriya Sahid Sukoharjo,, Tetap semangat dimas pandemi, terus BERKREATIFITAS tanpa BATAS dan RASA WAS-WAS,, SMK Kriya Sahid Sukoharjo...!! Jaya... Jaya..jaya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Jurusan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan SMK Kriya Sahid Sukoharjo

SMK Kriya Sahid Sukoharjo beralamatkan di Jalan Veteran, nomor 82 B Jetis Sukoharjo, sebagai satu-satunya SMK berbasis  seni dan teknologi yang ada di Kabupaten Sukoharjo dan sekit

28/01/2021 11:47 WIB - Administrator
UNIT PRODUKSI KRIYA KREATIF KAYU DAN ROTAN SMK KRIYA SAHID SUKOHARJO TERIMA ORDER PEMBUATAN MEJA KOMPUTER

Unit Produksi Kriya Kreatif Kayu dan Rotan SMK Kriya Sahid Sukoharjo mendapat job pesanan pembuatan meja komputer dari salah satu instansi pendidikan Sukoharjo sejumlah 20 unit. Order i

01/02/2020 09:14 WIB - K3 Kriya Kayu
JUMAT RELIGI UNTUK REFRESH BERPIKIR

SMK Kriya Sahid Sukoharjo mengadakan kegiatan rutin setiap Jum'at minggu kedua. Pada tanggal 10 januari 2020,  berlangsung Jum'at Religi. Kegiatan ini diadakan di halaman sekolahan

20/01/2020 10:58 WIB - Waka. Humas dan BKK
Pojok Kreatif Kriya Kayu SMK Kriya Sahid Sukoharjo

Gambar diatas adalah tamu tim sintaq XL, yang sengaja kami ajak untuk mampir di Pojok Kreatif.    SMK Kriya Sahid Sukoharjo adalah Sekolah satu-satunya di kabupaten Sukoharjo

26/09/2019 14:49 WIB - Waka. Kurikulum